Senin, 11 September 2017

Cara mengatasi Tv led polytron gambar magenta dobel berubah ungu





Ada beberapa kasus atau problem kerusakan tv LED Polytron yang disebabkan oleh bagian T.con Panel tv tersebut. Diantaranya adalah kerusakan gambar bergonta ganti warna, kadang merah, ungu dan Ntc dan juga disertai berbayang alias dobel, atau brgaris. 

Menurut analisa saya, dan sudah dipraktekan, kerusakan tersebut. Diatas adalah kerusakan dipanel LCD atau panel LED yang kerusakan seperti ini.
sering dialami oleh panel-panel TV LCD dan LED tertentu karena ada kerusakan di OSD displaynnya, atau sering kita sebut dengan panel LED LCD.
Dan tentunya untuk prgantian part tersebut atau panel LCD LED tentunya cukup mahal dan tentunya kalau tidak diganti tv led lcd takan normal kembali..
Ada bagian  untuk merekayasa Panel yang sudah short atau rusak, dengan kriteria seperti diatas, dengan cara memotong beberapa data atau bagian seperti data-data berikut tergantung dengan type panel tertentu, jalur yang di potong atau di cut adalah sebagai berikut, untuk tampilan gambar bayang dobel, magenta berubah jadi ungu, untuk panel LED Polytron sebagai contoh disini.

Polytron PLD32D900 seri TCON T320XVNO2.9 Gejala warna hilang-hilang berganti ungu, solusinya:

  1. Potong jalur HC1, LC2, ST jika gejala masih sama
  2. Tambah potong jalur HC2 warna hilang sama sekali
  3. Jalur yang sudah dipotong sambungkan lagi, haya HC2 yang dipotong, gambar menjadi normal.
Gambar dibawah cara potong jalurnya..


Langkah-langkah sebelum melakukan potong jalur.
  • -Cari dahulu letak jalur kiri maupun kanan yang akan di potong yaitu jalur-jalur, STV, VSS, CKV1, CKV2, CKVB1, CKVB2, dan masing-masing diberi tanda.
  • Gunakan ohm meter untuk mencari tiap jalur, sebab yang diberi tanda test poin umumnya hanya satu jalur saja, ujung probennya bisa diberi sambungan dengan potongan jarum pentul untuk memudahkan pengukuran karena jalur-jalur yang akan diukur berukuran lembut.
  • Jika jalur-jalur sudah diketemukan, maka sebelum jalur di potong di kerik dulu sehingga jalur tembaganya nampak kelihatan, ini berguna  nanti jika ternyata salah potong jalur sehingga jalur mudah untuk disambungkan kembali dengan cara di solder jalur tersebut.
Demikin cara memperbaiki gambar hilang-hilang berubah warna menjadi ungu kadang dobel semoga bermanfaat...







1 komentar:

  1. Lucky Club - live score, live score, live score, live score, live score, live score
    Lucky Club, live score, live score, live score, live score, live score, live luckyclub score, live score, live score, live score, live score, live score, live score,

    BalasHapus